Jendral Tito: B2W Bisa Mengurangi Angka Kecelakaan di Jalan Raya

0

Pedalku.com – Bulan Agustus adalah bulan gerakan bersepeda ke tempat kerja. Ya, bulan ini memang hari lahirnya gerakan sosial untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi alternatif ke kantor yang diprakarsai oleh Bike to Work Indonesia.

Nah tahun ini, kampanye gerakan bersepeda ke kantor (B2W) atau ke sekolah (B2S) ini digerakkan oleh Polri dengan menggelar bersepeda bersama dari Halaman PTIK, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menuju Lapangan Monas, Jakarta Pusat, sejauh sekitar 10,3 km, pada Kamis, 9 Agustus 2018.

Rupanya ajakan Polri ini dapat sambutan luar biasa dari para penggiat sepeda. Tercatat ada 1.300 pedalis dengan beragam jenis sepeda memadati halaman PTIK. Mereka berasal dari puluhan komunitas sepeda di seputar Jakarta.

Sebelum rombongan dilepas menuju Monas oleh Menkes Nila F. Moeloek, Kapolri Jendral Tito menjelaskan bahwa pihaknya ikut aktif mengkampanyekan gerakan bersepeda ke kantor ini dengan banyak tujuan. Salah satunya yang sangat berkaitan dengan polisi adalah mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Belum lagi dari sisi kesehatan dan lingkungan. Pak Sandiaga (Wagub DKI) pasti juga senang karena langit Jakarta jadi biru,” kata Tito. Sandiaga yang juga sudah siap dengan sepeda di barisan VIP langsung menghampiri Tito.

Selain Tito, dua Menteri Kabinet Kerja yang juga ikut gowes dari PTIK menuju Monas adalah Menhub Budi K. Sumadi dan Menpora Imam Nahrawi.

Gowes bareng yang juga dalam rangka menyambut Asian Games 2018 ini sangat lancar lantaran dijaga ketat oleh ratusan polisi yang membuat jalan steril. Bahkan di kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin, para pedalis ini dibuatkan jalur khusus di sisi paling kanan hingga membuat iri para pengendara mobil yang pagi itu harus rela bermacet ria.

Puncak acara gowes bareng itu diakhiri dengan penyerahan 1.000 sepeda kepada para pelajar dan guru. Sumbangan sepeda itu diserahkan oleh Tito yang didampingi oleh Kakorlantas Irjen Royke Lumowa kepada perwakilan 11 siswa dan guru dari SMA di Jakarta. (Foto-foto: TMC Polda Metro dan Pedalku.com)

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar