Berlari untuk Lombok di Bogor Kumpulkan Rp 451 Juta

0

Komunitas lari, warga hingga Walikota Bogor Bima Arya beserta jajaran Muspida berhasil mengumpulkan donasi hampir setengah milyar rupiah untuk korban gempa Lombok Nusa Tenggara Barat, Minggu (2 September 2018). Dalam gerakan #BogorUntukLombok itu, Bima Arya turun ke jalan berlari mengelilingi area pedestrian Kebun Raya Bogor.  Walikota Bogor berlari sejauh 10 kilometer serta mempersilakan sponsor yang melakukan donasi untuk mencantumkan logo di jersey yang digunakannya. Kegiatan di Bogor itu berhasil mengumpulkan donasi  Rp 451 juta.

Satu jersey yang dipakai Bima Arya dihargai nominal tertentu oleh donatur. Kemudian, hasil penghimpunan dana itu seluruhnya akan didonasikan kepada gerakan #BogorUntukLombok. Untuk kepentingan tersebut, Bima Arya rela berganti baju sepanjang perjalanan sesuai permintaan donatur demi membantu Lombok. “Tadi setiap kilometer, supaya lebih menarik para donatur saya bersedia untuk lari dengan mengenakan kaos yang disediakan donatur. Ada sekitar 13 kali saya ganti baju atau artinya 13 donatur yang melakukan donasi. Tentu ini di luar ekspektasi ya, karena kami menargetkan menghimpun donasi Rp 300 juta tapi rupanya bisa . Alhamdulillah. Terimakasih kepada warga Bogor,” ungkap Bima di sela acara Charity Run BogorUntukLombok yang dipusatkan di Plaza Balaikota Bogor, Minggu (2/9/2018).

Partisipasi juga datang dari luar Kota Bogor, di antaranya dari IdeaRun, Race Management, yang akan menggelar Mandiri Tjanting Run pada 7 Oktober mendatang, dengan mengumpulan donasi pada tiga event Road to Tjanting Run di tiga tempat sekaligus, Bogor (bergabung dengan Bogor untuk Lombok), Tangerang Selatan (Green Office Park BSD) dan Bintaro (bergabung dengan RFI Robiner’s Mini Race 10K), pada 2 September 2018. Donasi yang terkumpul antara lain dari penjualan jersey race dan menyisihkan 20 persen dari uang registrasi peserta on the spot untuk donasi bersama Bogor untuk Lombok. “Kegiatan ini melengkapi aktivitas kami pada 11 Agustus lalu, di Jakarta. Total donasi terkumpul melalui empat kegiatan tersebut sekitar Rp 20 juta,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun.

Adapun layanan donasi Bogor untuk Lombok akan terus dibuka hingga 9 September 2018 sebelum diserahkan langsung ke Lombok pada 10 September 2018. Target akan dinaikkan, setidaknya diharapkan Rp 500 juta dapat diserahkan pada pihak yang relevan di Lombok.

Bertambahnya jumlah donasi tersebut didukung dengan aksi seniman Bogor dan website donasi  https://kitabisa.com/bogoruntuklombok. Bima Arya sendiri yang akan berangkat menyerahkan sumbangan tersebut. Bentuk bantuan yang akan diberikan,akan dikoordinasikan  agar sesuai kebutuhan pengungsi di Lombok. Dan yang lebih penting juga, juga akan didatangkan para pakar keluarga dan psikolog untuk trauma healing, pemulihan pasca bencana. (*)

 

About Author

Komentar Kamu

Skip to toolbar