Selesai Dalam 60 Detik: Setel Rem Cakram Hidrolik Sepeda

0

Pedalku.com – Rem menjadi salah satu komponen vital dalam sepeda. Apapun sepeda pedalis, pasti dilengkapi dengan sistem penghenti laju sepeda. Sepeda fixie sekalipun, walau tidak terpasang rem seperti lazimnya sepeda, tetap memiliki sistem penghenti laju sepeda.

Rem sebagai komponen vital wajib diperiksa sebelum sepeda dikendarai pedalis. Selain untuk keamanan, pengecekan rem juga ditujukan agar saat menggowes, roda berputar dengan lancar sehingga tidak menghambat laju sepeda.

(Baca juga: Pedalis, Yuk Kenalan dengan Macam dan Jenis Rem Sepeda)

Salah satu cara mengecek rem adalah dengan mengangkat sepeda dan memutar roda. Perhatikan apakah roda berputar dengan lancar, rim/ velg/ rotor (cakram rem) tidak bersentuhan dengan kampas rem.

Nah apabila ternyata kampas rem bersentuhan dengan rotor, tentu akan menghambat laju roda. Untuk itu rem harus disetel supaya gowesan enteng dan rem tidak panas.

Sebelum memulai, siapkan dulu kunci L (allen) sesuai ukuran baut pengunci kaliper rem ke frame/ shock. Berikut langkah-langkah yang bisa pedalis lakukan sendiri untuk menyetel rem cakram hidrolis:

  1. Kendurkan sedikit 2 baut dudukan kaliper rem. Kendurkan hingga kaliper dapat bergerak bebas dan roda dapat diputar dengan lancar.
  2. Tekan kuat brake lever seperti saat melakukan pengereman. Tahan, biarkan brake lever tetap ditekan. Roda seharusnya tidak dapat berputar karena direm.
  3. Kencangkan kembali 2 baut tersebut. Kencangkan perlahan sambil brake lever tetap ditekan. Pengencangan baut sebaiknya tidak sekaligus disatu tempat, tapi kencangkan sedikit-sedikit secara bergantian agar kaliper tetap lurus dengan rotor.
  4. Setelah 2 baut sudah dikencangkan, brake lever boleh dilepas. Kampas rem pun sudah tidak bersentuhan lagi dengan rotor.

Mudah kan? Hanya dalam waktu 60 detik roda sepeda pedalis lancar berputar tanpa hambatan dari kampas rem yang menempel ke rotor.

About Author

Work hard, bike harder. By riding a bicycle, I learn the contours of my country best, since i have to sweat up the hills and coast down them.

Komentar Kamu

Skip to toolbar