Goweser Kampanyekan Pemilu Damai, Aman, dan Sejuk 

0
Pedalku.com – Apa sih kaitannya Pemilu dengan Sepeda? Pertanyaan ini muncul karena Minggu (4/11) di salah satu  ikon Indonesia, Monumen Nasional dibanjiri ribuan pesepeda dari beragam komunitas di Jakarta dan sekitarnya. Dan salah satu inisiator yang mengumpulkan mereka adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut catatan dari pembawa acara, lebih dari 3 ribu pesepeda yang hadir di acara yang diberi nama iRide4Peace ini.
Kembali ke pertanyaan awal, apa sih hubungannya pemilu dengan peseda. Ternyata jawabannya, Sportivitas dan Kejujuran. Inilah benang merah acara tersebut,  Ya, filosofi jujur dan sportif adalah kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan pemilu. Filosofi ini juga selalu dipegang teguh  setiap penyelenggaraan event olah raga bersepeda. Klop!
Tak heran ketika KPU dan Polri ingin mengkamapnyekan pemilu damai, aman dan sejuk, maka digandenglah pesepeda dari beragam komunitas dii Jakarta dan sekitarnya ini.
iRide4Peace  dikemas dalam satu acara funbike keliling beberapa ruas jalan di Jakarta. Sebelum acara dimulai, empat pedalis yang berasal dari komunitas dan atlet sepeda membacakan deklarasi. Inti dari deklarasi tersebut adalah para goweser, istilah pesepeda  yang dipakai di acara ini, mendukung suksesnya pemilu 2019 yang damai,aman  dan sejuk. Dukungan itu demi tercapainya kesatuan dan persatuan Indonesia.
Setelah pembacaan deklarasi, peserta yang dipandu oleh polwan-polwan cantik sebagai road captain ini langsung gowes menuju arah stasiun Gambir – Jalan Perwira – Jalan Katedral – Jalan Pos – Jalan Kartini – Jalan Mangga Besar – Jalan Gajah Mada – Jalan Medan Merdeka Barat dan kembali ke Monas.
Rute yang dilalui para peserta ini benar-benar steril. Tak ada satu pun kendaraan yang boleh lewat ketika peserta fun bike iRide4Peace ini melintas. Bahkan di sekitar Harmoni, beberapa bus Tranjakarta pun terpaksa harus berhenti ketika rombongan fun bike ini melintas.
Dari sisi lalu lintas, memang saat itu terjadi penumpukan kendaraan lantaran tertahan, tetapi dari segi kampanye, tentu cara ini berhasil karena banyak orang yang tahu, apa misi yang dibawa ribuan peserta funbike ini yakni misi mengkampanyekan pemilu damai, aman, dan sejuk.
Tentu ini harapan dari panitia. Pemilu damai, aman, dan sejuk itu terus menyebar ke seluruh penjuru nusantara. Dan para peserta iRide4Peace diharapkan menjadi agen kampenye ini. Mereka pulang bukan hanya membawa jersey sepeda yang warna-warni dan hadiah bagi mereka yang beruntung, tetapi juga menjadi pelopor terciptanya pemilu damai, aman, dan sejuk di sekitar mereka.
Semoga…
Foto: CakKris/Pedalku.com

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar