Menutup Tahun 2018, BCC Gowes 100 K Keliling Jakarta

0

Pedalku.com – Gowes ke mana untuk menutup tahun 2108 ini? Nah bila Pedalis belum punya agenda, silakan gabung BCC Sunday Last Ride 2018. Seperti title acaranya, gowes bareng keliling Jakarta yang menempuh jarak 100 KM ini akan digelar, Minggu 30 Desember 2018 yang start dan finish di SCBD Jakarta.

Gelaran ini diprakarsai oleh Bremer Cycling Club (BCC), sebuah komunitas sepeda road yang bermarkas di Kemang, Jakarta Selatan.

“Ini pertama kali BCC mengadakan Sunday Last Ride. Tahun-tahun sebelumnya sih, kami gabung dengan komunitas lain,” kata Bima Yudhatama saat berbincang dengan Pedalku.com, Rabu lalu. 

Pria yang didapuk jadi ketua panitia gelaran ini mengaku,  setelah BCC berusia 5 tahun, sudah saatnya membuat event Sunday Last Ride sendiri. “Semula acara ini hanya untuk teman-teman di BCC tapi akhirnya merembet ke komunitas lain,” tambah Bima. 

Tak heran hingga Rabu pekan lalu sudah ada sekitar 60 pedalis yang akan gabung di BCC Sunday. Angka itu, lanjut Bima sudah jauh melampaui target.

“Awalnya hanya 30 peserta, tapi sekarang sudah membengkak dua kali lipat.” Tak mudah ya, menolak sesama pedalis yang ingin gabung di acara ini.  “Tapi maksimal 70 orang,” tandas Bima yang sudah menyiapkan segala sesuatu untuk event ini, mulai dari ambulance, mobil evakuasi, hingga penunjukan Road Captain alias RC. 

Angka 70 peserta dinilai Bima sudah cukup. Pasalnya, bukan suatu pekerjaan yang enteng mengelola sebuah peleton sepeda di jalan raya dengan jumlah pesepeda sebanyak itu. Apalagi, kata Bima, untuk event ini, hanya ada satu peleton. Peserta aliran gowes kentjang dan newbie jadi satu.  Itu sebabnya, selain perlu Road Captain (RC) yang disiplin juga kerja sama yang baik para peserta.

Untuk urusan RC, Bima selain mendelegasikan ke “orang dalam”,  Defa Aulia Farhan juga dibantu atlit sepeda M Fadli. Duet ini yang diharapkan bisa mengunci di kecepatan 25 – 30 km/jam sehingga semua pesertatetap utuh dalam satu peleton. 

“BBC Sunday Last Ride ini easy ride. Dengan kecepatan tersebut, yang newbie, masih bisa mengimbangi, sementara aliran “gowes kentjang” bersedia menahan diri.” Namun bila dengan kecepatan tersebut ada peserta yang  masih “kececer”, mau enggak mau harus rela dievakuasi. 

Untuk menjaga keutuhan peleton, bukan hanya para newbie yang harus diperhatikan. Peserta aliran “gowes kentjang” juga harus dijaga. Karena mereka ini yang biasanya “nyundul-nyundul” RC yang bila  tidak “kuat iman” dengan provokasi mereka, bisa-bisa kecepatan bertambah. “Ini perlunya kerja sama semua peserta.”

BBC Sunday Last Ride 2018 akan menempuh jarak 100 KM dengan keliling Jakarta dan sekitarnya. Start dan finish di TechnoBike SCBD. Bendera start akan dikibarkan pukul 05.45 WIB.

Regrouping pertama akan dilakukan di sekitar KM 25-27. “Nah pitstop berikutnya, di TecknoBike BSD.” Setelah mengayuh 50 KM peserta akan istirahat sejenak dan mengisi kalori. Dari tempat ini, lanjut Bima, peserta akan langsung menuju SCBD. Nah, di etape terakhir ini, duet Farhan dan Fadli sepertinya akan bekerja keras untuk tetap mempertahankan keutuhan peletonnya. 

Maklum, bila di hari Minggu ini cuaca cerah, di jam-jam itu matahari mulai menyengat dan pantat pun mulai “hangat” setelah sekitar 2 jam di atas sadel. Dan wajar bila para pedalis pengen buru-buru menyudahi gowes LSR bareng BBC ini.

Happy riding ya, gaes…..

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar