3 Hal Menarik dari BFI Run 2019

0

Pedalku.com – Ada yang menarik dari penyelenggaraan race Lari BFI Run 2019. Salah satu yang layak disimak adalah antusiasme runners untuk mengikuti race yang kali ini mengangkat tema, “Energi Potensiku”. Terbukti 6000 slot yang disediakan untuk seluruh kategori, 5 K, 10 K, dan 21 K terjual habis kurang dari sebulan setelah dibuka pendaftaran. Bahkan untuk kategori Half Marathon jadi buruan dan ludes dalam waktu 48 jam.

Antusiasme runners menyerbu slot race lari BFI Run ini bisa jadi karena “ketagian” dengan race ini. Maklum, tahun ini adalah tahun keempat penyelenggaran BFI Run. Lalu bagaiman dengan fenomena ludesnya slot HM BFI Run yang hanya dalam waktu tak lebih dari dua hari?

Padahal pihak panitia justru menyediakan slot 21 K ini dengan prosentasi yang paling besar dibanding 10 K dan 5 K. “Untuk Half Marathon ada 2.500 slot, 10 K disiapkan 1.500 slot dan untuk 5 K ada 2.000 slot,” kata Bertha Gani, Race Directodari RunID menjawab pertanyaan Pedalku.com saat jumpa pers BFI Run di Plaza Senayan, Jakarta 20 Maret lalu.

Lebih jauh Bertha menjelaskan dari pendaftar HM itu, 43 persen adalah pendaftar dengan usia master. Sementara untuk kategori 10 K. ada sekitar 44 persen. Dari data tersebut, Sudjono, Finance Director BFI Finance berpendapat bahwa goal mengajak masyarakat untuk hidup sehat mulai menampakkkan hasilnya. “Makin banyak mereka yang berusia 40 tahun ke atas  peduli dengan kesehatan.”

Soal fenomena makin banyaknya runners yang menyerbu slot HM Marathon, Bertha sudah merasakan sejak beberapa waktu lalu. Banyak race yang diselenggarakan baik di Jabodetabek maupun luar, kategori HM selalu jadi rebutan dan paling banyak disediakan. Apakah ini petanda runners kita sudah naik kelas? Bertha tak menampik fenomena tersebut. 

Meski demikian, Bertha menyarankan agar runners tak buru-buru mendaftar Half Marathon sebelum mencapai catatan waktu maksimal 30 menit untuk 5 K dan 1 Jam untuk 10 K. “Sebaiknya latihan dan perbaiki dulu catatan waktu 5 K dan 10 K.”

Panitia banyak menyiapkan podium kelas master.

Hal menarik dari race BFI Run 2019 adalah jumlah hadiah yang meningkat dua kali lipat dari sebelumnya. Untuk tahun ini panitia BFI Run 2019 menganggarkan Rp 400 juta. Termasuk 10 runners yang beruntung mendapatkan tiket dan akomodasi di event Gold Coast Marathon, event race lari yang diyakini tempat paling pas untuk memecahkan Personal Best (PB).

Namun ada syarat untuk bisa mengikuti undian 10 “tiket” FM di GCM di Australia yang akan digelar pada 4-7 Juli mendatang. Salah satu syarat adalah, runners yang memilih kategori HM di BFI Run 2019, mencatat waktu tak boleh lebih dari 2,5 jam. 

Sistem akan mencatat semua pelari HM yang finish 2,5 jam atau di bawah. Mereka pun akan diundi. “Sebaiknya merasa finish sesuai syarat undian, tidak segera pulang karena bila nanti dipanggil tidak datang, maka dinyatakan hangus,” pesan Sudjono.

Selain undian tiket ke GCM, panitia juga menyediakan banyak kategori pemenang dalam race ini.  Sebagai contoh, untuk untuk Master HM ada tiga kelas, yakni Master 40 – 44, Master 45-49, dan master 50 ke atas. Masing-masing kelas akan diambil 5 pemenang. Sementara pemenang Master untuk 10 K hanya dibagi dua, yakni 40-49 dan dan 50 tahun ke atas. Untuk 5 K, hanya ada satu kelas master yakni, 40 tahun ke atas. 

Catatan penting lain dari BFI Run 2019 ini adalah soal rute baru. Seperti diketahui, BFI Run 2019 ini akan start dan finish di Mall Aion, BSD. Ya, lokasi ini memang menjadi salah satu lokasi favorit untuk ajang race lari. Jika atidak dipakai race, area ini juga jadi tempat favorit runners melakukan long run di akhir pekan.

Waktu acara Road to BFI Run 2019 beberapa waktu lalu, sudah dilakukan uji coba jalur 10 K dan 5 K. Kebetulan Pedalku.com ikut menjajal lintasan yang 10 K. Meski start dilakukan lebih siang dibanding rencana nanti race BFI Run 2019, udara di kawasan ICE BSD masih terasa segar. Apalagi lalu lintas di kawasan ini tak terlalu padat saat pagi hari di akhir pekan. Ditambah lagi, runners  merasa aman selain karena keberadaan marshall juga security kawasan yang selalu mengamankan lintasan lari.

Dari sisi persiapan BFI Run 2019 sepertinya  nyaris sempurna. Termasuk penerangan jalan yang sempat dikeluhkan runners yang kebetulan tinggal di kawasan BSD. Sampai berjuma di garis finish!  

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar