Menunggu Model Jalur Sepeda di Jakarta

0

Pedalku.com – Kabar gembira untuk Pedalis berhembus dari Balai Kota Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menyiapkan jalur khusus untuk para pesepeda. Tujuannya, seperti yang sudah belasan tahun lalu dikampanyekan oleh komunitas Bike to Work, mendorong masyarakat, khususnya warga DKI menjadikan sepeda sebagai alat transportasi.

Menurut Gubernur Anies Baswedan, saat ini pihaknya sudah menyelesaikan penyusunan rute jalur, termasuk jalan mana saja yang akan dibangun jalur sepeda. “Diharapkan akhir tahun ini, semua pembangunan jalur sepeda sudah rampung,” tandas Anies seperti dikutip dari laman Kompas.com

Jalur khusus sepeda ini, lanjut Anies diharapkan membuat para Pedalis merasa aman dan nyaman bersepeda di Jakarta. Dan setelah pembangunan jalur sepeda ini selesai, pihaknya juga akan menyiapkan tempat parkir sepeda, termasuk ruang bilas atau kamar mandi.

Dinas Perhubungan DKI rencananya akan melakukan ujicoba jalur sepeda di beberapa wilayah Jakarta mulai 20 September ini. Ujicoba ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama meliputi, Jalan Medan Merdeka Selatan, M.H Thamrin, Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Proklamasi, Pramuka dan Jalan Pemuda. 

Tahap berikutnya, Jalan Jenderal Sudirman, Sisingamangaraja, Panglima Polim, dan Fatmawati Raya dan dilanjutkan dengan Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur,  Kebon Sirih, Matraman Raya, Jatinegara Barat, dan Jatinegara Timur.

Dengan disiapkannya jalur sepeda di beberapa wilayah di jakarta ini, Anies berharap bila masyarakat Jakarta pergi dalam jarak dekat mau menggunakan sepeda.

Sebenarnya isu jalur sepeda ini sudah muncul sejak lama, ketika muncul gerakan sepeda sebagai alternatif transportasi ke kantor yakni, Bike to Work belasan tahun lalu. Mereka sangat prihatin dengan kemacetan dan polusi di Jakarta, khususnya di jam-jam sibuk, saat pergi maupun pulang kerja. Kala itu para penggiat sepeda memberi “solusi tanpa polusi” yakni bersepeda ke kantor. 

Bahkan saat Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur, Jakarta juga sudah punya jalur sepeda. Hanya saja, dalam keseharian, pesepeda tetap harus “mengalah” lantaran jalur itu dipakai untuk parkir mobil atau diserobot pengendaralain.

Nah, belakangan ini tersiar kembali kabar gembira soal jalur sepeda dari Balai Kota Jakarta. Ya…. kita tunggu saja seperti apa model jalur sepeda yang digagas Anies. Berbagi jalan dengan pengendara lain, berbagi dengan pejalan kaki, apa jalur khusus sepeda. Idealnya memang yang model terakhir ini.

Semoga….

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar