Pedalku.com – Awal Juni ini, ada dua kegiatan sepeda yang menjadi perhatian para penggemar olah raga bersepeda. 21 Srikandi Siap Gowes 700 Km yang diselenggarakan Bike to Work (B2W) Indonesia akan bersepeda dari Bima, Nusa Tenggara Barat menuju Denpasar, Bali pada tanggal 5-12 Juni 2015. Satunya lagi, Jelajah Sepeda Papua (JSP) yang diselenggarakan Harian Kompas.

Dua-duanya menarik untuk diikuti perjalanannya karena masing-masing memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Untuk itu pedalku.com akan berusaha menyajikan laporan secara lengkap kedua kegiatan tersebut.

Selasa (2/6) ini, sejumlah kru Srikandi sudah berangkat terlebih dahulu untuk mempersiapkan segalanya. Walaupun melalui sejumlah seleksi yang lumayan ketat, tim pendukung Srikandi B2W umumnya para pesepeda yang sudah tidak asing lagi. Sebut saja, Gya Amalia yang menjadi komandan Srikandi, baru saja menyelesaikan Jelajah Sepeda Banjarmasin Balikpapan yang sukses diselenggarakan Kompas.

Tim Srikandi dari luar Jakarta yang tiba Selasa ini, akan bersama-sama tim dari Jakarta menuju Bima. Ke-21 Srikandi B2W itu akan mulai mengayuh sepedanya tanggal 5-12 Juni 2015, menempuh jarak 700 kilometer. Selain jalanan rolling-rolling panjang, tim Srikandi kemungkinan juga akan menghadapi tantangan cuaca yang menyengat. Jalanan mulus aspal di sepanjang lintasan yang akan mereka lewati justru akan menjadi sangat membosankan. Namun pemandangan pantai yang indah dengan laut membiru akan menjadi penawar tantangan tersebut.

JSP yang diselenggarakan Kompas menarik karena sensasi lokasi yakni Papua. Hampir semua pesepeda, terutama penggemar sepeda jelajah atau touring mengidamkan untuk bersepeda di Bumi Cendrawasih ini. Tidak heran, jika peminat Jelajah Sepeda Kompas kali ini membludak untuk bisa menikmati keindahan provinsi paling Timur negeri ini. Jelajah Sepeda yang tradisinya mengundang perwakilan dari berbagai komunitas pun membuka kesempatan bagi mereka yang berminat dengan syarat tertentu. Namun demikian di tim JSP pun sejumlah muka lama menjadi anggota peleton. Tim Marshal JSP yang dikomandani Road Captain Marta Mufreni beranggotakan tim lama seperti Ocat, Irwan Kankan, Donald Wisbar serta Agung Hartanta dari Kompas Gramedia Cyclist. Demikian juga di jajaran peserta, tercatat Kang Coe, Arfan, Devin David Rey serta sejumlah peserta khusus yang biasa mengikuti Kompas Bike.

Mereka yang akan bergabung dengan peleton JSP ini, Selamat Datang Di Bumi Cendrawasih Peserta JSP. Perjuangan sudah dimulai ketika mereka harus menaiki bus ke arah Sarmi sejauh kurang lebih 400 kilometer. Tidak mudah untuk mencapai kota tersebut, mereka harus melalui beberapa jembatan yang rusak. Bahkan, sebuah bus dikabarkan mogok sehingga sejumlah pesepeda harus berpindah ke mobil bak terbuka yang sebenarnya disiapkan untuk mobil evak.

Akan banyak cerita, akan banyak suka daripada dukanya. Yok, kita ikuti perkembangannya di pedalku.com ya. Panteng terus !!

"Abah" Agus Hermawan

Lebih dikenal dengan panggilan Abah USH, Agus Hermawan (++ Follow Me at Instagram - @abah_ush) yang lama menjadi jurnalis Kompas (1989-2019) adalah seorang penggiat luar ruang. Kesukannya mendaki gunung sejak muda, menjadikan olah tubuh sebagai kebutuhannya. Bersepeda dan lari menjadi pilihan kesenangannya mengisi hari. Sejumlah maraton sudah diselesaikannya, termasuk world majors marathon (WMM) Tokyo Marathon, Berlin Marathon dan Chicago Marathon.

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments