Lo, Sepedanya Bisa Terbang

0

Sekarang ini di beberapa kota seperti Jakarta kemacetan sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Bahkan di beberapa ruas terkadang banyak jenis transportasi benar-benar berhenti. Termasuk pesepeda. Mau naik ke trotoar, eh enggak ada. Terpaksa manyun  menunggu kemacetan mencair.

Hmm … bagaimana reaksi pengguna jalan lain ya ketika tiba-tiba saja di atas mereka melenggang sepeda. Iya, sepeda. Bisa terbang! Ah, mimpi kali …

Untuk saat ini iya juga sih. Namun, jalan ke arah itu sudah dirintis oleh tiga perusahaan di Republik Ceko. Mereka bekerja sama membuat prototipe sepeda yang bisa terbang

Saat uji coba di depan awak media, sepeda ini masih dinaiki oleh sebuah boneka dan dikendalikan dari jarak jauh. Laiknya sepeda konvensional, pedalis harus mengayuh ketika memakai sepeda ini di darat. Namun ketika menjumpai kemacetan, sepeda bisa melayang dan terbang.

Tentu saja tenaga untuk melayang tidak berasal dari genjotan pedalis. Seperangkat baterai siap menerbangkan sepeda dan penumpangnya. Dalam uji coba tersebut, sepeda ini hanya bisa terbang selama lima menit.

Enam mesin

Yang menjadi masalah adalah kapasitas baterai yang terbatas. Oleh karena itu para perancang berharap dapat menemukan baterai canggih yang membuat sepeda ini bisa lebih lama terbang.

“Kapasitas baterai terus berlipat ganda setiap sepuluh tahun dan kami memperkirakan di masa depan baterai yang ada memungkinkan sepeda ini dipakai untuk olahraga, wisata, dan kegiatan-kegiatan lain,” kata Milan Duchek, direktur teknik Duratec Bycicles, yang terlibat dalam proyek ini.

Jika melihat prototipenya, sepeda ini memang tidak leluasa digunakan di jalan umum. Baling-baling yang membuat sepeda terangkat memakan ruang yang banyak. Baling-baling besar di depan belakang, dan baling-baling kecil di kanan-kiri.

Namun, siapa tahu perkembangan yang ada akan menemukan bentuk baling-baling yang portabel dan bisa dilipat atau disembunyikan. Ada enam mesin yang kesemuanya mendapatkan tenaga dari baterai.

Dalam konfigurasi saat ini, sepeda tersebut memiliki bobot 95 kilogram dan mampu membawa beban 75 kilogram.

Pedalis penasaran? Tunggu saja apakah dapat menjadi produk massal atau hanya berkutat di prototipe. Yang jelas, kita hargai inovasi sepeda listrik ini. (BBC)

About Author

Always curious about bike and the philosophy of cycling.

Komentar Kamu

Skip to toolbar