Gedung Parkir Sepeda 3 Lantai di Kota “Gila Sepeda”, Gratis di Hari Pertama

0

Pedalku.com – Kota Utrecht bukan hanya dikenal sebagai tempat belajar hukum di Belanda. Kota ini juga dikenal warganya gila sepeda. Coba iseng masukkan kata “Utrecht” di Google Image, gambar-gambar yang keluar selain bangunan tua juga sepeda.

Ya, Utrecht memang sukses membuat warganya yang berjumlah 344 ribu ini menggunakan sepeda sebagai transportasi utama selain kereta. Tak heran di mana-mana banyak sepeda parkir. Bahkan beberapa tempat parkir seperti di sekitar stasiun membludak sampai ke luar.

Kondisi ini yang membuat pemerintah akan membangun tempat parkir yang bisa menampung 12.500 sepeda. Bisa jadi inilah tempat parkir sepeda terbesar di dunia.

Pemerintah tentu senang warganya doyan menggunakan sepeda sebagai moda transportasi, namun di satu sisi konsisi ini menjadi tantangan pihak pemerintah untuk menertibkan parkir sepeda di Utrecht.

Bukan hanya soal lokasi parkir, pemerintah juga mengalokasikan budget untuk memperbaharui jalur sepeda,  meminimalkan kecelakaan dan menertibkan parkir liar dengan cara menyita sepeda yang diparkir sembarangan.

Rencana tempat parkir tersebut akan dibangun 3 lantai dan terhubung dengan stasiun kereta lewat lift dan tangga. Sementara untuk 24 jam pertama, tak dipungut biaya. Tarif baru muncul bila sepeda itu sudah menginap lewat sehari semalam dengan tarif sekitar Rp 20 ribu untuk satu hari.

Selain di Utrecht, gedung parkir modern dan besar ini juga akan dibangun di beberapa kota di Belanda seperti di Amsterdam.

Kapan ya, gedung parkir ini dibangun di Indonesia?

Share.

About Author

Ketika masih jadi buruh di media, menulis sepeda dan lari hanya jadi penyeimbang kehidupannya. Kini keduanya jadi menu utama kegiatan menulis selepas subuhan.

Komentar Kamu

Skip to toolbar