Gowes Literasi, Menebar Virus Membaca dari Atas Sadel

0

pedalku.com – Nazar sudah ditancapkan dalam menyambut Hari Aksara Internasional ke-52 pada 6 – 9 September 2017 yang berlangsung di Pandapa Paramarta Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Komunitas Sepeda Baca yang terdiri atas beberapa pegiat literasi itu (Kampung Buku Jakarta, Sanggar Alam Bekasi, dan Sepeda Baca Sumedang) menggariskan misi untuk berbagi. Menebar virus membaca sekaligus bersilaturahim ke beberapa taman bacaan yang terlintasi di sepanjang rute.

Petualangan itu akan bermula pada tanggal 3 September 2017. Bermula dari Jakarta, Ibu Kota negara dengan angka literasi yang masih rendah. Penelitian yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2012 menunjukkan, Indonesia menduduki peringkat 60 dengan skor 396 dari total 65 peserta negara untuk kategori membaca.

Berdasarkan data Pusat Data dan Statistik Kemendikbud tahun 2015, angka buta huruf di Indonesia masih tinggi yang jumlahnya mencapai 5.984.075 orang. Ini tersebar di enam provinsi meliputi Jawa Timur 1.258.184 orang, Jawa Tengah 943.683 orang, Jawa Barat 604.683 orang, Papua 584.441 orang, Sulawesi Selatan 375.221 orang, Nusa Tenggara Barat 315.258 orang.

Untuk mendukung nazar kami itu, persiapan fisik dan mental kami lakoni untuk menempuh perjalanan sejauh 245 Km. Tak ada kata gentar, tak ada kata jauh yang terucap. Ini adalah ekspedisi seru penuh makna.

Pasalnya, dalam perjalanan nanti kami akan berhenti di titik-titik keramaian anak-anak yang akan kami ajak untuk bergembira. Berbagi bahan bacaan dan menghibur mereka. Mendongeng, belajar menggambar, bermain yoyo, dan membaca bersama adalah rangkaian aktivitas yang akan kami lakukan selama persinggahan.

Lainnya, kami juga akan beranjang sana ke beberapa taman baca di sepanjang perjalanan. “Kunjungan persahabatan di taman baca menjadi momen berharga untuk mempererat tali persaudaraan. Berjejaring, merapatkan misi dalam berliterasi,“ ujar Kak Rian, pendongeng sekaligus panglima ‘Gowes Literasi’

Tujuan akhir dari “Gowes Literasi” ini adalah Pandapa Paramarta Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Puncak acara tersebut akan dihadiri tidak kurang dari 3.000 undangan dari 500 kabupaten se-Indonesia. Tentu sungguh bahagia jika kami, Komunitas Sepeda Baca, bisa berkesempatan untuk hadir dalam pagelaran besar di kota Kuda itu yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya.

Kang Ipoel dari Sepeda Baca di Sumedang juga mengajak para pegiat lainnya,

“Tambah saudara di Tatar Sunda. Siapa mau ikut, tebar baca di Jawa Barat?“

Ayo, pedalis peduli dengan literasi.

Share.

About Author

“When the spirits are low, when the day appears dark, when work becomes monotonous, when hope hardly seems worth having, just mount a bicycle and go out for a spin down the road, without thought on anything but the ride you are taking.” ― Arthur Conan Doyle

Komentar Kamu

Skip to toolbar